Project Description

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo dan Flores? Destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan keindahan alam serta flora dan faunanya. Kita sering mendengar dan melihatnya dari berbagai media cetak maupun elektronik. Bahkan turis mancanegara pun sudah mengenalnya.

Namun, sudahkah Anda menjadi salah satu yang mengenalnya dari dekat? Ataukah Anda ingin berjumpa lagi dengan keindahan Komodo dan Flores, dengan pengalaman yang jauh lebih berkesan? We aim to serve you that way.

Sukanusantara mengajak anda untuk mengenali lebih dekat ke destinasi-destinasi wisata nusantara yang tak kalah indahnya dengan destinasi wisata mancanegara. Jika di kampung halaman sudah begitu indah, mengapa harus melanglang-buana susah-susah?

Kronologi Perjalanan

Perjalanan Sailing Komodo dan Overland Flores akan menghabiskan waktu delapan hari, tujuh malam. Di sini kami akan jelaskan secara kronologis dan terperinci tentang apa yang akan kita lakukan nantinya. Atau, Anda juga bisa langsung memilih paket trip.

Day 1

Di hari pertama ini kita akan awali dengan trip “Sailing Komodo”, perjalanan menjelajahi keindahan lautan di sekitar pulau Komodo. Di sepanjang perjalanan Anda akan menemui pesona nusantara yang mungkin anda hanya pernah dengar di telinga.

pulau kelor - sailing komodo overland flores

 

  • Pulau Kelor, Pulau ini mempunya bibir pantai yang kecil. Namun jika dilihat dari atas bukit, Pulau Kelor mempunyai pemandangan yang cukup indah. Di sini kita dapat snorkeling, trekking, ataupun hanya bermain di pantai.

pulau rinca - sailing komodo overland flores

 

  • Pulau Rinca (Loh Buaya),
    Tempat ini akan menjadi spot pertama kita untuk melihat binatang yang sudah pasti menjadi ciri khas daerah ini, Komodo. Jika beruntung, kita dapat menemui binatang yang terkenal dengan racunnya tersebut dengan jumlah yang banyak. Binatang Komodo di Loh Buaya ini cukup agresif dibandingkan di Loh Liang. Namun jangan khawatir, ada Ranger Komodo yang akan menemani kita untuk menjelajahi Pulau Rinca ini

Pulau Kalong Rinca, Sailing Komodo

  • Pulau Kalong Rinca, di malam pertama pada tour laut, kita akan bermalam di perairan Pulau Kalong Rinca. Di pulau ini terkenal dengan banyaknya kelelawar yang beterbangan ketika matahari terbenam. Jika memungkinkan, kita juga bisa bermalam di perairan Pulau Padar.

Day 2

Pulau Padar - Sailing Komodo

  • Pulau Padar,
    Pagi-pagi kita akan pergi menuju Pulau Padar. Di pulau ini kita bisa trekking hingga ke puncak bukitnya. Silahkan mengabadikan lukisan Yang Maha Kuasa ini dengan frame maupun mata sendiri. Setelah puas diatas bukit kita akan turun untuk bermain di pantai atau bisa juga snorkeling disini Pulau Padar.

Pulau Komodo - Sailing Komodo

  • Pulau Komodo (Loh Liang), Ya, tujuan selanjutnya adalah Pulau di mana binatang buas ini berada. Pulau Komodo adalah rumah bagi warga yang tinggal di Kampung Komodo. Kampung Komodo ini terpisah dari Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo. Disini kita bisa kembali mengenali binatang Komodo secara lebih jelas lagi. Pulau ini juga mempunyai beberapa rute untuk trekking ke bukitnya.
  • Pink Beach, Spot yang bisa dikatakan favorit untuk snorkling. Coral disini cukup indah dan tidak terlalu dalam. Namun, Anda harus tetap berhati-hati untuk snorkling di perairan Komodo, karena sebagian besar perairan disini berarus. Selain ituDi Pink Beach Anda bisa bermain di pantai, snorkling di dekat bibir pantai dan bisa juga melakukan trekking ke bukitnya.

 

  • Gili Lawa, Bukit yang sempat menjadi trending di media sosial ini akan menjadi malam terakhir kita untuk bermalam di Perairan Gili Lawa. Jika Anda ingin menikmati sunset, kita bisa melakukan trekking ke atas bukit Gili Lawa dengan menempuh kurang lebih 45menit.

Day 3

  • Manta Point, Jika waktu masih memungkinkan sebelum kita beranjak dari Gili Lawa, kita bisa snorkling terlebih dahulu disini. Dari Gili Lawa kita akan menuju Spot Manta. Jika kita beruntung maka kita akan mendapati banyak Manta berenang di permukaan laut. Eits, anda juga harus tetap hati-hati jika akan berenang di Manta Point, karena arus cukup kuat.
  • Batu Bolong, Selepas dari Manta Point kita akan menuju Spot Snorkling selanjutnya, yaitu Batu Bolong. Setelah itu baru kita bisa menuju tujuan selanjutnya, Pulau Kanawa.

Pulau Kanawa - Sailing Komodo

 

  • Pulau Kanawa, di Pulau Kanawa ini kita bisa melakukan Trekking dan Snorkling. Untuk trekking ke Bukit Pulau Kanawa cukup membutuhkan waktu 30 menit saja. Selesai trekking kita bisa bermain di pantai atau snorkling. Jika waktu masih bisa untuk menuju ke Pulau Bidadari, kita akan singgah di sana sebelum kembali ke Labuan Bajo.

Day 4  (Labuan Bajo – Waerebo)

Waerebo - Overland Flores

Setelah lama berlayar di trip Sailing Komodo, di hari inilah dimulailah trip Overland Flores. Kita akan mengeksplor keunikan dan keindahan daratan flores.

  • 04:00 Bangun pagi persiapan menuju desa Denge. Perjalanan dari Labuan Bajo ke Desa Denge membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan darat.
  • 11:00 Sampai di Denge/Dintor untuk Makan siang terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke Waerebo.
  • 12:00 Perjalanan menuju Waerebo. Untuk menuju ke Waerebo akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 4 jam perjalanan kaki. Selama perjalanan menuju Waerebo ada Guide Lokal yang akan menemani selama kita perjalanan.
  • 16:00 Tiba di Waerebo. Di sini mohon patuhi beberapa peraturan adat setempat yang nanti akan disampaikan oleh Guide lokal. Di sini kit akan menikmati dan menjelajahi keindahan kampung, bermain dengan anak-anak lokal setempat.
  • 19:00 Makan malam di Rumah Tamu. Rumah Tamu disediakan khusus untuk tamu pengunjung yang bermalam di Waerebo. Di Waerebo hanya menyediakan listrik sampai pukul 22:00 waktu setempat. Jadi mohon gunakan secara maksimal untuk charge Kamera, Handphone atau peralatan elektronik lainnya. Suhu udara di Waerebo cukup dingin untuk ukuran kita sebagai orang Tropis. Namun jangan khawatir, di sini sudah tersedia bantal, selimut dan matras untuk setiap tamu yang berkunjung.

Day 5 (Waerebo – Denge/Dintor – CARA – Bajawa)

Waerebo - Overland Flores

  • 05:00 Peserta bisa bangun pagi untuk menikmati sunrise di Waerebo. Anda bisa berkeliling desa, menyaksikan para warga yang sedang melakukan aktifitasnya, seperti menjemur kopi atau menenun kain.
  • 09:00 Setelah makan pagi kita akan kembali ke Desa Denge. Perjalanan turun biasanya lebih cepat dibanding naiknya. Sesampainya di Denge mobil sudah menunggu kita untuk melanjutkan perjalanan. Sebelumnya kita akan makan siang dulu disini.
  • 16:30 Berangkat menuju “Cara”, sawah setempat yang berbentuk jaring laba-laba. Perjalanan dari Denge untuk sampai di Cara menghabiskan sekitar 3 jam perjalanan darat. Dari tempat parkiran mobil, kita akan berjalan menuju atas bukit yang hanya akan memakan waktu 15menit saja. Setelah puas disini, kita akan melanjutkan menuju Bajawa. Kita akan makan malam di perjalanan.

Bajawa - Overland Flores

  • 21:00 Sekitar 3 jam perjalanan dari Ruteng, kita akan sampai di Bajawa dan langsung Check in Hotel. Bajawa adalah ibukota kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Kota ini penuh dengan sejarah, yang bisa dlacak hingga zaman penjajahan Belanda dulu. Daerah ini bisa dibilang disebut Tanah paling dingin di Flores.

Day 6 (Bajawa – Kampung Bena – Bluestone – Rumah Soekarno – Moni)

  • 06:30 Bangun Pagi dan Sarapan sebelum Check Out di Hotel. Kita akan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan darat untuk sampai di Kampung Bena,
  • 09:00 Selamat datang di Kampung Bena. Kampung ini salah satu perkampungan bergaya megalitikum di Bajawa. Tempat ini juga terkenal dengan kain tenunnya yang indah. Harganya bervariasi, mulai dari 60rb – 1jt. Pintar-pintar lah menawar agar mendapat harga terbaik dari orang-orang sini.
  • 14:00 Sebelum masuk kota Ende, kita akan singgah sebentar sambil makan siang di Bluestone yang berada di pinggir jalan menuju kota Ende. Pantai ini bertaburkan batu-batu berwarna biru yang menarik.
  • 16:00 Berkunjung ke rumah pengasingan Soekarno. Di sinilah sang proklamator kita menghabiskan waktunya ketika ia menjadi tahanan politik dari 1934-1938. Selesai dari sini, kita akan makan malam di Ende.
  • 20:00 Tiba di Penginapan Moni. Moni adalah kawasan kaki Gunung Kelimutu. Biasa juga dibuat untuk bermalam para pendatang sebelum tracking ke Danau Kelimutu. Suhu udara disini hampir sama dinginnya dengan Waerebo.

Day 7 (Moni – Danau Kelimutu – Ende)

  • 03:30 Di jam yang masih sangat pagi ini, semua peserta harus sudah siap untuk naik mobil perjalanan ke kawasan Taman Nasional Danau Kelimutu. Mobil akan mengantarkan kita sampai di tempat parkir sebelum jalan kaki menuju Danau Kelimutu. Dari tempat parkir kita cukup trekking selama kurang lebih 1j am perjalanan untuk sampai di puncak. Harap membawa pakaian hangat dan roof untuk mengurangi bau belerang. Jangan khawatir soal haus dan lapar – di puncak ada beberapa penjual kopi, teh dan pop mie. Kita bisa menikmati kopi sambil menanti datangnya matahari.
  • 08:00 setelah puas menikmati Sunrise Danau Kelimutu, kita akan kembali ke penginapan untuk makan pagi dan packing barang bawaan kita.
  • 10:00 Perjalanan menuju ENDE
  • 14:00 Check in hotel. Kita akan ke Pasar Ende untuk berbelanja Kain Tenun khas Flores
  • 19:00 Acara bebas, dan makan malam.

Day 8

Setelah panjangnya perjalanan menyaksikan secara langsung keindahan tanah air kita, sampailah kita di hari terakhir trip Sailing Komodo dan Overland Flores. Perjalanan yang menjadi kenangan indah Anda, yang juga akan menjadi cerita manis ke sanak saudara Anda. Setiap peserta akan diantar ke bandara sesuai jam keberangkatannya, dan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Tentukan awal petualangan Anda

Sebelum memulai petualangan Sailing Komodo dan Overland Flores bersama Sukanusantara, tentukan paket sesuai dengan kebutuhan Anda.

Paket Backpacker – Rp 4.500.000,- orang

Trip selama 8 hari 7 malam, dengan minimal partisipan 10 orang.

Paket Premium – Tanpa Kuota

Trip eksklusif, tanpa minimum partisipan. Cocok bagi anda yang ingin perjalanan yang terasa personal. Hubungi kami untuk info pemesanan lebih lanjut.